PROPOSAL
KEGIATAN MGMP PAI SMP KOTA PEKALONGAN 2012
“UPAYA
MENINGKATKAN PROFESIONALISME DAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI
KEGIATAN MGMP PAI SMP KOTA PEKALONGAN”
MGMP
PAI SMP KOTA PEKALONGAN
Nama
Ketua MGMP
|
:
|
Muh. Abdullah, S.Ag
|
HP
|
:
|
085742752250
|
Nama
Sekretaris MGMP
|
:
|
Ahmad
Mustakim, S.Pd.I
|
HP
|
:
|
085869626959
|
Alamat
Sekretariat
|
:
|
SMP Negeri 11 Pekalongan
Jalan Setia Bhakti Medono
Telp. (0285) 429110 Kota Pekalongan
|
No. Rekening MGMP
|
:
|
BRI. 5969-01-002344-53-8
|
NPWP MGMP
|
:
|
77.743.385.5-502.000
|
No.
Rekening SMP
|
:
|
BRI.
0068-01-003103-53-6
|
NPWP SMP
|
:
|
001797471502000
|
Alamat
Sekolah
|
:
|
Jalan Setia Bhakti Medono
Telp. (0285) 429110 Kota Pekalongan
|
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SMP KOTA PEKALONGAN
Sekretariat : Jalan Setia Bhakti Medono Telp.
(0285) 429110 Kota Pekalongan
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SMP KOTA PEKALONGAN
Sekretariat : Jalan Setia Bhakti Medono Telp.
(0285) 429110 Kota Pekalongan
Nomor :
07/MGMP.PAI/X/2012
Lamp. :
1 Bandel
Perihal :
Permohonan Dana Bantuan
Kepada
Yth.
Direktur
Jendral PAIS Kemenag RI
di-
JAKARTA
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Bismillahirrohmaanirrohiim
Segala puji bagi Allah azza wa Jalla.
Sholawat dan Salam ke haribaan Baginda Nabi agung Muhammad SAW.
Bersama ini kami mengharap dengan sangat kepada Bapak
Direktur Jendral PAIS Kemenag RI untuk berkenan memberikan bantuan dana bantuan kepada kami guna kegiatan;
“UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME
DAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN MGMP PAI SMP KOTA
PEKALONGAN”
dengan rencana anggaran biaya Rp. 58.070.000 (Lima puluh delapan
juta tujuh puluh ribu rupiah). Sebagai pertimbangan, kami sampaikan proposal
(terlampir)
Demikianlah permohonan bantuan
dana dari kami, atas perhatian dan
sumbangsihnya kami sampaikan terima kasih teriring do’a semoga kebaikan Bapak
diterima Allah SWT dan diberi pahala yang berlipat ganda … amin ya Robbal
‘alamin.
Jazaakumullahu khoiron katsiron
Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Pekalongan,
18 Oktober 2012


Muh.
Abdullah, S.Ag Ahmad
Mustakim, S,Pd.I
NIP. 19701114
200312 1 001 NIP.19830306
201001 1 019
PROPOSAL
MUSYAWARAH
GURU MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(MGMP-PAI) SMP
KOTA PEKALONGAN TAHUN 2012
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kualitas pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan.
Ini di buktikan antara lain dengan data UNESCO pada tahun 2000 tentang
peringkat Indeks pembangunan manusia ( Human Develelopment Indeks) yaitu
komposisi dari peringkat dari pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan
per kepala yang menunjukkan bahwa Indeks pembangunan manusia Indonesia ( Human
Develelopment Indeks) makin menurun. Diantara 174 negara di dunia Indonesia
menempati urutan ke 102 pada tahun 1996, ke 99 pada tahun 1997, ke 105 pada
tahun 1998, dan 109 pada tahun 1999.
Kualitas pendidikan di Indonesia yang rendah itu juga di
tunjukkan data Balitbang tahun 2003 bahwa dari 146.052 SD di Indonesia ternyata
hanya 8 sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Primary
Years Program. Dari 20.918 SMP di Indonesia ternyata juga hanya 8 sekolah yang
mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Middle Years Program. Dan dari
8.036 SMA ternyata hanya 7 sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam
kategiri The Diploma Program.
Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di dalam negeri dan isu-isu mutakhir
dari luar negeri yang dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat dan bangsa
Indonesia merupakan hal-hal yang harus segera ditanggapi dan dipertimbangkan
dalam penyusunan kurikulum baru pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Pertama, dengan diluncurkannya beberapa peraturan perundang-undangan yang baru
telah membawa implikasi terhadap paradigma pengembangan kurikulum pendidikan
dasar dan menengah antara lain pembaharuan dan diversifikasi kurikulum, serta
pembagian kewenangan pengembangan kurikulum. Kedua, dengan perkembangan dan perubahan
global dalam berbagai aspek kehidupan yang datang begitu cepat telah menjadi
tantangan nasional dan menuntut perhatian segera dan serius. Ketiga, dengan
kondisi masa sekarang dan kecenderungan di masa yang akan datang perlu
dipersiapkan generasi muda termasuk peserta didik yang memiliki kompetensi yang
multidimensional. Keempat, dengan mengacu pada ketiga hal tersebut maka
pengembangan kurikulum masa sekarang harus dapat mengantisipasi
persoalan-persoalan yang mempunyai kemungkinan besar sudah dan/atau akan
terjadi.
Kurikulum yang dibutuhkan di masa yang akan datang yaitu
kurikulum yang berbasis kompetensi. Kompetensi dikembangan untuk memberikan
keterampilan dan keahlian bertahan hidup dalam perubahan, pertentangan,
ketidakmenenentuan, ketidakpastian, dan kerumitan-kerumitan dalam kehidupan.
Kurikulum berbasis kompetensi ditujukan untuk menciptakan tamatan yang kompeten
dan cerdas dalam membangun identitas budaya dan bangsanya. Kurikulum ini dapat
memberikan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, pengalaman belajar yang
membangun integritas sosial, serta membudayakan dan mewujudkan karakter
nasional.
Dengan
kurikulum yang demikian dapat memudahkan guru yaitu: belajar mengetahui,
belajar melakukan, belajar menjadi diri sendiri, dan belajar hidup dalam
kebersamaan mempersiapkan peserta didik yang memiliki berbagai kompetensi pada
hakikatnya merupakan upaya untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki
kemampuan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial yang bermutu tinggi.
Dengan memiliki kompetensi semacam itu, peserta didik diharapkan mampu untuk
menghadapi dan mengatasi segala macam akibat dari adanya perkembangan dan
perubahan yang terjadi.
B.
Landasan
Hukum
1. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
2. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
3. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan
4. Peraturan Pemerintah RI Nomor 78 Tahun 2008 tentang Guru
5. Program Kerja MGMP PAI SMP Kota Pekalongan 2012- 2013
C.
Maksud dan
Tujuan
- Meningkatkan kemampuan guru dalam penguasaan computer
- Meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, baik dalam merencanakan ataupun melaksanakan proses pembelajaran, serta mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil kegiatan pembelajaran.
- Dapat mengembangkan metode dan model pembelajaran yang sesuai, menarik dan menyenangkan
- Dapat mengembangkan media pembelajaran yang sesuai, menarik dan menyenangkan
- Dapat mengembangkan bahan ajar yang sesuai, menarik dan menyenangkan
- Dapat mengembangkan penelitian khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bermakna untuk meningkatkan mutu pembelajaran
BAB II
KEGIATAN
A. Rencana
Kegiatan
No
|
Bentuk Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Teknis Pelaksanaan
Kegiatan
|
1
|
Penguasaan /Penggunaan Komputer
|
1.1
Berlatih memanfaatkan komputer dalam menyusun administrasi pembelajaran dan
pemanfaatan internet sebagai alat komunikasi dan menggali informasi
|
Workshop
Belajar
membuat administrasi pembelajaran
menggunakan komputer, membuat dan menggunakan email serta brawshing di
internet
|
2
|
Pengembangan
Silabus dan RPP berkarakter (Kurikulum perekat bangsa)
|
2.1 Menyusun
Silabus PAI SMP yang mengembangkan karakter bangsa
2.2 Dapat menyusun RPP PAI yang mengembangkan karakter bangsa
|
Workshop
Penyusunan pengembangan Silabus
PAI berkarakter sebagai acuan penyusunan RPP
Workshop
Penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang berkarakter
|
3
|
Pengembangan
metode dan
model pembelajaran yang sesuai, menarik dan menyenangkan
|
3.1 Memahami dan mempratekkan
metode dan model pembelajaran yang sesuai, menarik dan menyenangkan
|
Workshop
Pengembangan
metode
dan model pembelajaran
yang sesuai, menarik dan menyenangkan
|
4
|
Pengembangan
media pembelajaran yang sesuai, menarik dan menyenangkan
|
4.1 Menyusun media pembelajaran yang sesuai, menarik dan menyenangkan baik media
pembelajara yang konvensional maupun modern (berbasis IT)
|
Workshop
Penyusunan
media pembelajaran yang sesuai, menarik dan menyenangkan
|
5
|
Pengembangan
Bahan Ajar berbasis Kompetensi
|
5.1 Menggali
dan menyusun Bahan Ajar (modul) pembelajaran PAI
|
Workshop
Penyusunan Bahan Ajar (modul) PAI
|
6
|
Penelitian dan
pengembangan penelitian, khususnya penelitian tindakan kelas yang bermakna
untuk meningkatkan mutu pembelajaran
|
6.1
Mmengembangkan dan membuat (menyusun) serta melaksanakan
penelitian, khususnya penelitian tindakan kelas yang
bermakna untuk meningkatkan mutu pembelajaran
|
Workshop
Penyusunan penelitian, tindakan kelas (pembuatan
proposal PTK, Pelaksanaan dan pelaporan) yang bermakna untuk meningkatkan
mutu pembelajaran
|
B.
Manfaat dan Hasil yang Akan Dicapai
No
|
Hasil yang ingin
dicapai
|
Manfaat bagi Guru,
Kepala Sekolah, Pengawas, Siswa, orang tua dan masyarakat
|
1.
|
Dapat menggunakan komputer dengan
maksimal
|
·
Guru bisa menggunakan Komputer untuk
membuat administrasi pembelajaran dan bisa memanfaatkan internet dalam
berkomunikasi maupun kegunaan lainnya untuk pengembangan dirinya
·
Guru dapat menyusun
Silabus PAI SMP sebagai acuan penyusunan RPP di sekolah masing-masing.
·
Guru dapat menyusun
RPP PAI acuan KBM di kelas.
·
Guru dapat
mengembangkan metode dan model pembelajaran yang
sesuai, menarik dan menyenangkan.
·
Guru dapat menyusun
media pembelajaran yang sesuai, menarik dan menyenangkan.
·
Guru dapat menyusun
Bahan Ajar (modul) PAI yang menarik dan menyenagkan
·
Guru dapat mengembangkan
penelitian, khususnya penelitian tindakan kelas yang bermakna untuk
meningkatkan mutu pembelajaran.
·
Sedangkan manfaat
bagi Kepala Sekolah dan Pengawas yaitu mereka mempunyai guru yang cakap dan
profesional dalam mengembangkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Juga dapat memberikan evaluasi dan
supervisi di kelas sejauhmana guru dapat melaksanakannya dalam proses
kegiatan belajar mengajar.
·
Manfaat bagi siswa
yaitu mendapatkan Pengajaran yang baik dan menyenangkan.
Dapat menyerap semua materi pelajaran dengan baik sesuai yang telah
direncanakan dalam RPP yang juga memuat metode, media, dan bahan ajar. Dapat
melaksanakan dan mempraktektekan materi yang telah disampaikan dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Manfaat bagi orang tua
dan masyarakat dengan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan jelas
sangat bermanfaat karena anak-anaknya mendapatkan pengajaran yang baik,
menarik dan tidak membosankan, sehingga orang tua dan masyarakat dapat
bekerja sama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.
|
2.
|
Dapat
mengembangakan Silabus dan RPP yang Implementatif dan kekinian
|
|
3.
|
Dapat
mengembangkan metode dan model pembelajaran yang sesuai, menarik dan
menyenangkan
|
|
4.
|
Dapat menyusun
media pembelajaran yang sesuai, menarik dan menyenangkan
|
|
4.
|
Dapat menyusun
Bahan Ajar (modul) PAI
|
|
5.
|
Dapat
mengembangkan penelitian, khususnya penelitian tindakan kelas yang bermakna
untuk meningkatkan mutu pembelajaran
|
C. Rencana Anggaran
Terlampir
D. Susunan Pengurus
Terlampir dalam
lampiran SK Penetapan
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Agama (MGMP-PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan forum yang sangat
strategis untuk membahas berbagai hal yang berkenaan dengan masalah-masalah
dibidang pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam (PAI), sehingga
diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan
agama islam dewasa ini.
2. Perkembangan
pendidikan yang
bekitu pesat, menuntut para pendidik untuk dapat meningkatkan
kinerjanya dan lebih profesional, baik dalam tahapan persiapan pembelajaran, seperti dengan menyiapkan perangkat administrasi guru maupun dalam
tataran praktek, sehingga proses pembelajaran tersebut dapat
berlangsung efektif dan efisien dengan output (hasil
belajar) dirasakan oleh peserta didik yang berupa aspek pengetahuan konsep,
keterampilan, sikap, nilai-nilai yang direfleksikan dalam kehidupan
sehari-hari, juga benar-benar menempatkan siswa sebagai subyek pendidikan,
sesuai dengan acuan kurikulum yang berbasis Contektual Teaching and Learning
(CTL).
3. Untuk terlaksananya Kegiatan yang dimaksud, tentunya
memerlukan faktor pendukung, dalam hal ini dukungan pihak-pihak terkait seperti
departemen pendidikan melalui Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan
Dan Tenaga Kependidikan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah maupun Kementerian
Agama RI dapat memberikan bantuan dana sehinggga MGMP PAI SMP
khususnya di wilayah Kota Pekalongan dapat melasanakan kegiatannya secara rutin dan maksimal.
B. Saran
Berdasarkan uraian kesimpulan diatas, ada beberapa saran yang disampaikan :
1. Bahwa Kegiatan MGMP-PAI SMP tingkat Kota Pekalongan, dapat terlaksana dengan baik jika adanya bantuan dana dari lembaga
terkait, karena itu kami mohon bantuan untuk kegiatan tersebut.
2. Bahwa Kegiatan MGMP-PAI SMP tingkat Kota Pekalongan, akan berjalan dengan baik jika adanya kerjasama yang baik antar lembaga
terkait
3. Adanya jalinan komunikasi antara pengurus MGMP-PAI dengan lembaga terkait,
sehingga dapat mengakses informasi dengan cepat
4. Kepada lembaga terkait kiranya dapat memberikan kontribusi positif untuk
terselenggaranya kegiatan MGMP-PAI, sehingga terciptanya profesionalisme bagi
guru-guru khususnya guru PAI SMP di lingkungan Kota
Pekalongan.
Akhirnya kami sampaikan terima kasih atas
segala perhatian dan terealisirnya dana yang kami mohonkan, dan permintaan maaf
yang sebesar-besarnya.
Pekalongan, 18 Oktober 2012
MGMP PAI SMP Kota Pekalongan


Muh. Abdullah, S,Ag Ahmad
Mustakim, S.Pd.I
NIP. 19701114 200312
1 001 NIP.
19830306 201001 1 019
Lampiran 1
|
||||
RENCANA ANGGARAN KEGIATAN MGMP PAI SMP KOTA
PEKALONGAN
|
||||
TAHUN 2012-2013
|
||||
B. Rencana
Anggaran
|
||||
No
|
Kegiatan/Jenis Program
|
Sasaran
|
Satuan Biaya (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Persiapan
|
|||
a.
Penyusunan Program kerja
|
||||
dan pembuatan proposal
|
||||
Transport tim
|
6 orang x
1 kegiatan
|
50.000
|
300.000
|
|
Konsumsi
|
6 orang x
1 kegiatan
|
20.000
|
120.000
|
|
Pembelian ATK, Tinta, Kertas, dll
|
1 set
|
250.000
|
250.000
|
|
Jumlah 1
|
670.000
|
|||
2
|
Pelaksanaan
Program dan Kegiatan:
|
|||
Workshop 1
|
||||
1.1.
Penguasaan Komputer
|
||||
- Transport nara sumber
|
2 orang x
1 kegiatan
|
300000
|
600.000
|
|
- Transport peserta
|
38 orang x
2 kegiatan
|
50000
|
3.800.000
|
|
- Konsumsi
|
40 orang x
2 kegiatan
|
30000
|
2.400.000
|
|
- Transport panitia
|
6 orang x
2 kegiatan
|
75000
|
900.000
|
|
- Foto copy modul dan ATK
|
(38 orang
x 1 kegiatan)
|
10.000
|
760.000
|
|
- Sewa tempat dan petugas Kebersiahan
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
Jumlah 2
|
9.060.000
|
|||
3
|
Pelaksanaan
Program dan Kegiatan:
|
|||
Workshop 2
|
||||
2.1.
Penyusunan Silabus Berkarakter
|
||||
2.1.
Penyusunan RPP Berkarakter
|
||||
- Transport nara sumber
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
- Transport peserta
|
(38 orang
x 2 kegiatan)
|
50.000
|
3.800.000
|
|
- Konsumsi
|
(40 orang
x 2 kegiatan)
|
30.000
|
2.400.000
|
|
- Transport panitia
|
(6 orang x
2 kegiatan)
|
75.000
|
900.000
|
|
- Foto copy Makalah dan ATK
|
(38 orang
x 1 kegiatan)
|
10.000
|
760.000
|
|
- Sewa tempat dan petugas Kebersiahan
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
Jumlah 3
|
8.460.000
|
|||
4
|
Workshop 3
|
|||
3.1.
Penguasaan Metode dan Model Pembelajaran
|
||||
- Transport nara sumber
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
- Transport peserta
|
(38 orang
x 2 kegiatan)
|
50.000
|
3.800.000
|
|
- Konsumsi
|
(40 orang
x 2 kegiatan)
|
30.000
|
2.400.000
|
|
- Transport panitia
|
(6 orang x
2 kegiatan)
|
75.000
|
900.000
|
|
- Foto copy penggandaan bahan Praktek
|
(38 orang
x 2 kegiatan)
|
20.000
|
1.520.000
|
|
- Sewa tempat dan petugas Kebersiahan
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
Jumlah 4
|
9.820.000
|
|||
5
|
Workshop 4
|
|||
4.1 Penyusunan/Pembuatan Media Pembelajaran
|
||||
- Transport nara sumber
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
- Transport peserta
|
(38 orang
x 2 kegiatan)
|
50.000
|
3.800.000
|
|
- Konsumsi
|
(40 orang
x 2 kegiatan)
|
30.000
|
2.400.000
|
|
- Transport panitia
|
(6 orang x
2 kegiatan)
|
75.000
|
900.000
|
|
- Foto copy penggandaan bahan Praktek
|
(38 orang
x 2 kegiatan)
|
20.000
|
1.520.000
|
|
- Sewa tempat dan petugas Kebersiahan
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
Jumlah 5
|
9.820.000
|
|||
6
|
Workshop 5
|
|||
5.1 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis
Kompetensi
|
||||
- Transport nara sumber
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
- Transport peserta
|
(38 orang
x 2 kegiatan)
|
50.000
|
3.800.000
|
|
- Konsumsi
|
(40 orang
x 2 kegiatan)
|
30.000
|
2.400.000
|
|
- Transport panitia
|
(6 orang x
2 kegiatan)
|
75.000
|
900.000
|
|
- Foto copy penggandaan bahan Praktek
|
(38 orang
x 2 kegiatan)
|
20.000
|
1.520.000
|
|
- Sewa tempat dan petugas Kebersiahan
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
Jumlah 6
|
9.220.000
|
|||
7
|
Workshop 6
|
|||
6.1
Pembuatan proposal Penelitian
|
||||
- Transport nara sumber
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
- Transport peserta
|
(38 orang
x 2 kegiatan)
|
50.000
|
3.800.000
|
|
- Konsumsi
|
(40 orang
x 2 kegiatan)
|
30.000
|
2.400.000
|
|
- Transport panitia
|
(6 orang x
2 kegiatan)
|
75.000
|
900.000
|
|
- Foto copy penggandaan bahan Praktek
|
(38 orang
x 2 kegiatan)
|
20.000
|
1.520.000
|
|
- Sewa tempat dan petugas Kebersiahan
|
(2 orang x
1 kegiatan)
|
300.000
|
600.000
|
|
Jumlah 7
|
9.820.000
|
|||
8
|
Pelaporan
|
|||
Pembelian ATK, Tinta, Kertas, dll
|
1 set
|
300.000
|
300.000
|
|
-
Konsumsi
|
(6 orang x
1 kegiatan)
|
50.000
|
300.000
|
|
- Transport panitia/tim penyususn lap
|
(6 orang x
1 kegiatan)
|
100.000
|
600.000
|
|
Jumlah 8
|
1.200.000
|
|||
Jumlah Total 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 & 8
|
58.070.000
|
|||
Terbilang:
"Lima puluh delapan juta tujuh puluh ribu rupiah".
|
||||
![]() |
Pekalongan,
18 Oktober 2012
|
|||
![]() |
Bendahara
|
|||
Muh.
Abdullah, S.Ag
|
Qurrotul Aaini, S.Ag
|
|||
NIP. 19701114 200312 1 001
|
NIP. 19751209 200312 2 003
|
KEPUTUSAN
KEPALA DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH
RAGA
KOTA PEKALONGAN
Nomor : ……………
TENTANG
PEMBENTUKAN PENGURUS MUSYAWARAH GURU
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP KOTA
PEKALONGAN
PERIODE 2011/2012
- 2014/2015
Menimbang : 1.
Bahwa dalam rangka menunjang keberhasilan tugas Guru Pendidikan Agama Islam dan
meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di bidang Pendidikan Agama,
perlu dibentuk Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
sebagai wadah kegiatan professional.
2. Bahwa untuk kelancaran pelaksanaannya, perlu
dituangkan dalam suatu Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan.
3. Bahwa personalia yang termaktub dalam lampiran
Surat Keputusan ini dipandang memenuhi syarat dan cakap untuk melaksanakan
tugas sebagai pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
SMP Kota Pekalongan.
Mengingat :
1. Undang-
undang Nomor 8 Tahun 1974.
2. Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989.
3. Peraturan
Pemerintah Nomor 28
Tahun 1990 Tentang Pendidikan
Dasar.
4. Peraturan
Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Dasar.
5. Edaran Bersama Dirjen Pendidikan Dasar dan
Menengah Kementerian Pendidikan dan KebudayaanNomor 5781/A/C/U/1993 dan Dirjen
Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Kementerian Agama Nomor 1/01/ED/1444/1993
Tanggal 06 Agustus 1993 Perihal: Pedoman Pelaksanaan.
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Pertama : Keputusan Kepala
Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Tentang Pembentukkan Pengurus Musyawarah Guru
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Kota Pekalongan

Lampiran
I:
Keputusan
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota pekalongan
Nomor :
Tanggal :
![]() |
SUSUNAN PENGURUS
DAN ANGGOTA MGMP PAI SMP KOTA PEKALONGAN PERIODE 2011/2012 - 2014/2015
NO
|
NAMA
/ NIP
|
JABATAN
|
JABATAN
DALAM KEPENGURUSAN
|
1
|
Muh.
Abdullah, S. Ag
|
GPAI SMPN 13
Kota Pekalongan
|
Ketua
|
NIP.
19701114 200312 1 001
|
|||
2
|
Saifudin,
S.Pd.I
|
GPAI SMPN 8 Kota Pekalongan
|
Wakil
Ketua
|
NIP.
19580801 198304 1 003
|
|||
3
|
Ahmad
Mustakim, S.Pd.I
|
GPAI SMPN 11
Kota Pekalongan
|
Sekretaris
|
NIP.
19830306 201001 1 019
|
|||
4
|
Nurlaily
Herawati, S.Ag
|
GPAI SMPN 4 Kota Pekalongan
|
Wakil Sekretaris
|
NIP.
19760202 201001 2 004
|
|||
5
|
Qurrotul
Aini, S. Ag
|
GPAI SMP Salafiyah Kota Pekalongan
|
Bendahara
|
NIP.
19751209 200312 2 003
|
|||
6
|
Laili
Zuhairoh, S. Ag
|
GPAI SMPN 2 Kota Pekalongan
|
Wakil Bendahara
|
NIP.
19710414 199802 2 003
|
|||
7
|
Iim
Fatimah, S. Ag
|
GPAI SMP Muhammadiyah Kota Pekalongan
|
Humas I
|
NIP.
19721010 200312 2 003
|
|||
8
|
Drs.
H. Abdul Aziz
|
GPAI SMPN 6 Kota Pekalongan
|
Humas
II
|
9
|
Hamidatun
Nisa’, S. Ag
|
GPAI SMPN 1 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19681212 200501 2 001
|
|||
10
|
Suharmini,
S.Pd. I
|
GPAI SMPN 3 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19601124 198603 2 005
|
|||
11
|
M.
Sulthon, S.Pd.I
|
GPAI SMPN 4 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
12
|
Na’imah,
S.Ag, M.Si
|
GPAI SMPN 5 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19620617 198405 2 008
|
|||
13
|
Nur
Hayati, S.Ag
|
GPAI SMPN 6 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19681118 199802 2 001
|
|||
14
|
Agus
Prihayanto, S.Ag
|
GPAI SMPN 7 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
Lampiran
II:
Keputusan
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota pekalongan
Nomor :
Tanggal :
![]() |
SUSUNAN PENGURUS
DAN ANGGOTA MGMP PAI SMP KOTA PEKALONGAN PERIODE 2011/2012 - 2014/2015
NO
|
NAMA
/ NIP
|
JABATAN
|
JABATAN
DALAM KEPENGURUSAN
|
15
|
Fauzah,
S.Pd.I
|
GPAI SMPN 7 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19620210 198405 2 004
|
|||
16
|
Jauziyah,
B.A
|
GPAI SMPN 8 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19561007 198301 2 001
|
|||
17
|
Mohammad
Atfal, S.Ag
|
GPAI SMPN 9 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19740714 200312 1 003
|
|||
18
|
Ahmad
Muhtadin, S.Ag
|
GPAI SMPN 10 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19680503 199993 1 008
|
|||
19
|
Norman
S., S.Pd.I
|
GPAI SMPN 10 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
20
|
Rosul,
S. Ag
|
GPAI SMPN 11 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
21
|
Saumi,
S,Ag
|
GPAI SMPN 12 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19721225 199802 2 003
|
|||
22
|
Hj.
Mufarichah, S.Ag
|
GPAI SMPN 14 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19591230 198201 2 004
|
|||
23
|
Eva
Kholilah, S.Pd.I
|
GPAI SMPN 14 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
24
|
H.
Mundofar, S.Ag
|
GPAI SMPN 15 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19680808 199702 1 002
|
|||
25
|
Ady
Sucipto, S. Ag
|
GPAI
SMPN 16 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP.
19620412 199512 1 002
|
|||
26
|
Chusnul
Chotimah, S.Pd.I
|
GPAI
SMPN 17 Kota Pekalongan
|
Anggota
|
NIP. 19850704 201101 2 008
|
|||
27
|
Khuzairi, S.Ag
|
GPAI SMP Islam Kota Pekalongan
|
Anggota
|
28
|
Muh. Hanapi, S.Pd.I
|
GPAI SMP Islam Kota Pekalongan
|
Anggota
|

![]() |
11 komentar:
trims sudah di share
trims pak
Aslmuklm... Pa kalo bisa minta File Profosal, kirim ke Email mukri4njir@yahoo.co.id. mksh
Pak kalo boleh minta filenya minta tolong dikirimkan ke abusani42@gmail.com. terima kasih
pak bs minta filex, kalau bisa tlg di kirim ke email ini :pattyruslee@yahoo.co.id/petruspatty@gmail.com
pak kalo boleh minta soft file,e kirim ke ankcungkring@gmail.com
pak boleh minta soft file, kirim ke pribadicipto@yahoo.co.id
Ini baru baca, boleh minta filenya paling, kirim ke esti_smk2pct@yahoo.com
Kalau bisa saya minta kirimin juga file proposal ini ke mgmppaibsmptab1812@gmail.com atau ke WA 081351800074
Terima Kasih
salam sukses,
jika berkenan, kami membutuhkan tife file-nya, jiuka menginjinkan bolehkan kirim via tataliwargi2@gmail.com.
trimakasih...
Salam sukses
Kalau berkenan kirimkan kami filenya, vitayuniar10@gmail.com
Posting Komentar